Bagaimana Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Harus Memberinya Obat?

anak demam

Bagaimana cara mengatasi anak demam? Demam merupakan salah satu penyakit yang sering menghantui orang tua kepada anak – anak mereka. Memang, demam ini menjadi hal yang cukup biasa di kalangan anak – anak, meskipun demikian, anak – anak yang seperti kita ketahui sulit untuk mengonsumsi obat, sehingga orang tua pun makin bingung apa yang kiranya harus mereka lakukan untuk dapat membuat demam anak – anak mereka menurun.

Nah, hal inilah yang dikhawatirkan orang tua, jika anak – anaknya mulai menunjukkan gejala demam.

Namun, ternyata, Anda tidak perlu sekhawatir itu, lho! Karena ada beberapa cara mengatasi demam anak dengan menggunakan berbagai cara tradisional yang tidak mesti dikonsumsi namun telah dibuktikan memiliki efek baik bagi para penderita demam.

Nah, bagi Anda yang penasaran kelanjutannya, yuk , simak informasi berikut ini mengenai beberapa cara tradisional sebagai cara mengatasi anak demam. Simak ya!

Menggunakan Air Hangat Untuk Mandi

Cara mengatasi anak demam pertama adalah dengan menggunakan air hangat untuk mandi. Hal ini dikarenakan mandi air hangat atau dikenal sebagai ruam – ruam kuku, nantinya akan bermanfaat dan membantu anak Anda untuk dapat meredakan demam mereka.

Lagi pula, anak – anak biasanya akan lebih menyukai mandi dengan air hangat ketimbang menggunakan air dingin. Tentu saja, air dingin menyebabkan tubuh malah menggigil.

Nah, untuk lebih baiknya lagi, Anda juga dapat menambahkan sedikit garam mandi atau mungkin essential oil seperti lavender oil agar tubuh tetap tenang.

Jika terpaksa tidak dapat dimandikan, mungkin Anda dapat mengatasinya dengan mengelap tubuh anak Anda dengan waslap yang basah yang telah direndam oleh air yang hangat pula.

 

anak demam

 

Memijat Tubuh Anak Anda Dengan Menggunakan Ramuan Herbal

Untuk lebih merasakan kehangatan di tubuh anak Anda, namun juga menurunkan demamnya, nampaknya Anda perlu mencoba ramuan yang satu ini. Jadi ramuan ini merupakan ramuan yang terdiri dari campuran minyak kayu putih yang ditambah dengan parutan sekitar 2 sampai 3 bawang merah kemudian ditambahkan dengan seiris jeruk nipis.

Namun, misalkan anak Anda tidak menyukai aroma kayu putih, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan minyak kelapa, atau jeruk nipis juga dapat digantikan dengan menggunakan asam jawa.

Nah, setelah ramuan tersebut selesai dibuat, Anda dapat langsung mengaplikasikannya pada tubuh anak Anda. bagian yang wajib Anda pijat adalah punggung, dada, dan juga perutnya.

Melakukan Terapi Kaus Kaki

Pernah mendengar terapi kaus kaki? Nah, bagi Anda yang belum mengetahui, jadi terapi kaus kaki merupakan sebuah metode dimana berawal dari memasukkan kaki Anda pada ember yang berisi air panas / hangat.

Selanjutnya, Anda dapat memasukkan sebuah kaos kaki ke air yang dingin kemudian kenakanlah kaos kaki dingin tersebut pada kaki anak Anda.

Namun, sebelumnya Anda harus melapisi kaos kaki dingin tersebut dengan kaos kaki wol yang kering terlebih dahulu. Nah, dengan menggunakan metode yang seperti ini, akan mampu membantu dalam mengatasi demam anak – anak dengan mengumpulkan darah di kaki, sehingga dengan demikian dapat melancarkan peredaran darah anak Anda.

Menggunakan Kipas Angin

Menurut salah satu dokter anak, ternyata kipas angin juga mampu digunakan sebagai alat penurun demam anak. Namun, harus dengan catatan bahwa kipas angin tersebut tidak kearah si anak langsung.

Nah, kondisi yang seperti ini memungkinkan kerja penurunan suhu tubuh. Selain itu, sang anak diharapkan jangan menggunakan kaus yang terlalu tebal sehingga tidak menghambat metode ini.

Kompres

Kompres nampaknya menjadi salah satu cara mengatasi anak demam yang umum dilakukan oleh orang tua. Selain mudah dilakukan, kompres memang merupakan metode yang cukup manjur untuk diterapkan ke anak – anak Anda.

hanya perlu menyiapkan handuk kecil yang dicelupkan ke air hangat kemudian peras hingga tiris. Setelah itu, Anda dapat menempelkan kompres pada dahi anak Anda saat tidur dan mengambilnya kembali saat Anak Anda bangun di keesokan harinya.

Cara ini cukup efektif karena air hangat akan dapat terserap oleh pori – pori kulit dan melancarkan peredaran darah anak Anda nantinya.

Memijat Dengan Menggunakan Peppermint Oil

Nah, cara mengatasi anak demam selanjutnya adalah dengan memijat dengan menggunakan peppermint oil. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa peppermint oil merupakan minyak yang sangat baik untuk digunakan sebagai Pereda demam untuk anak Anda.

Peppermint oil ini mengandung mentol yang dapat melancarkan hidung yang tersumbat, penyakit sinusitis, dan juga gejala – gejala demam yang lainnya.

Anda dapat dengan mudah untuk memijat pada bagian dada serta punggung anak Anda secara perlahan. Ulangi kegiatan ini sampai suhu badan anak Anda menurun sebab minyak peppermint oil ini akan mampu untuk menurunkan suhu kulit anak Anda yang cukup panas akibat demam.

Mengonsumsi Banyak – Banyak Cairan

Seperti yang umum diketahui di dunia kesehatan, bahwa jika seorang anak mengalami demam, maka salah satu efek sampingnya adalah dehidrasi atau potensi kekurangan cairan yang ada di dalam tubuh., tentunya ini dapat menjadi masalah yang cukup serius apabila nantinya Anda tidak mengindahkan masalah ini. maka dari itu, ada baiknya jika anak Anda demam, Anda sediakan banyak minuman untuk anak Anda.

Anda juga dapat menyediakan berbagai makanan yang mengandung air, serta minuman – minuman herbal yang disukai si kecil. Bahkan, Anda juga dapat memberikan anak Anda berbagai macam jus untuk anak Anda. selain lebih manis dan menarik, vitamin yang didapatpun tentunya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Memperbanyak Tidur dan Istirahat yang Cukup

Seperti yang kita ketahui, hobi anak – anak adalah bermain tanpa kenal lelah sepanjang waktu, sepanjang hari , bukan? nah, ini dia yang membuat anak tak kunjung sembuh dari demam apabila terus – terusan memiliki pola bermain seperti ini sehingga mengganggu pola tidur aslinya.

Nah, Anda juga harus waspadai karena aktivitas anak Anda akan sangat berpengaruh pada peningkatan suhu badan anak Anda. maka dari itu, Anda harus dapat mengontrol aktivitas anak Anda sehingga mengurangi hal – hal yang tidak diinginkan.

Nah, salah satu cara mengatasi aktivitas anak yang sulit untuk dikontrol tersebut, Anda dapat menyuruhnya untuk memperbanyak tidur dan istirahat atau kalau perlu Anda lah yang menemaninya istirahat dan tidur.

Dengan sering istirahat, akan lebih memudahkan kondisi anak Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan istirahat pula, anak Anda akan mengalami pembaikan sehingga hal ini seharusnya amat sangat perlu dilakukan oleh orang tua.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi anak  demam yang dapat Anda ketahui. Sekali lagi, mengatasi demam anak tidak hanya semata – mata karena beberapa cara di atas, namun diperlukan peran Anda sebagai orang tua untuk terus mendampinginya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam mengetahui cara mengatasi anak demam!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*