Berbagai Kemungkinan Mengapa Anak Suka Memukul

anak suka memukul

Anda pasti akan terkejut ketika mendapati anak anda yang sedang asyik bermain dengan teman sebaya nya tiba tiba memukul teman nya sampai menangis. Setelah diselidiki lebih lanjut ternyata tindakan anak suka memukul ini telah terjadi dari kemarin kemarin namun baru diketahui saat ini. Mungkin dengan keadaan anak suka memukul ini anda merasa menjadi orang tua yang buruk bagi anak, namun ternayta banyak faktor penyebab anak suka memukul ini terlebih usia anak sekitar satu sampai lima tahun memang akan mengalami fase yang berbeda setiap perkembangannya.

Namun sebelum nya anda harus tahu bahwa anak suka memukul bukan berarti kesalahan atau kekurangan para orang tua dalam mendidik anak nya. Namun juga bukan berarti bahwa si anak tumbuh menjadi anak yang suka mem bully teman lainnya. Di usia balita banyak anak yang berperilaku agresif mungkin karena ia merasa frustasi karena keinginanya tidak terpenuhi. Di bawah ini beberapa alasan mengapa anak suka memukul:

  • Anak tidak mampu mengungkapkan perasaannya

Di usia balita mereka masih minim kata kata sehingga anak belum dapat menemukan kata yang tepat dalam mengekspresikan keinginan atau kebutuhannya. Akibatnya anak merasa frustasi karena tidak dapat mengungkapkan apa yang dia inginkan sehingga anak lebih memilih menggunakan tangannya untuk memukul.

anak suka memukul

  • Anak merasa tidak nyaman

Anak dapat memukul ketika mereka merasa lapar, mengantuk, haus, Lelah atau mereka merasa tidak nyaman. Untuk orang tua keadaan ini dapat dipastikan dengan apakah anak sudah cukup amkan, apa sudah cukup istirahat sebelum anak melakukan aktivitas di luar rumah seperti bermain bersama teman temannya.

  • Anak mencoba mempertahankan area miliknya

Anak suka memukul atau anak dapat memukul terjadi bila ada anak atau temannya yang menganggu seperti mengambil mainannya atau tidak mau bergantian dalam melakukan permainan sehingga menyebabkan anak menjadi kesal dan memukul temannya terlebih bila teman teman nya tidak mendengarkan apa yang dia bicarakan.

  • Anak merasa ada perubahan dari dalam keluarga

Anak dapat menjadi suka memukul karena ada faktor tertentu yang terjadi dalam dirinya atau perubahan besar yang terjadi dalam keluarga, seperti kelahiran adik baru, pindahan rumah atau terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Perhatikan atau mungkin catat hal yang kemungkinan menjadi penyabab anak suka memukul sehingga dikemudian hari masalah ini dapat ditangani.

Mengontrol impuls anak yang belum berkembang ini membuat anak lebih memilih memukul atau menggigit sebagai cara nya untuk mengekspresikan diri mereka. Walau keadaan ini merupakan keadaan yang normal di usia balita nya sebagai orang tua juga harus memperbaiki sikap anak jangan sampai mengabaikan cara anak yang seperti ini. Beritahu kepada anak bahwa suka memukul ini merupakan tindakan yang tidak terpuji.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*