Kiat Cerdas Agar Anak Tidak Cadel

Seiring berkembangnya zaman, pada kenyataannya orang awan masih memercayai bahwa orang cadel adalah dikarenakan oleh Lidah yang pendek, apakah betul demikian?

Sebenarnya bukan disebabkan oleh lidah yang pendek, tetapi adanya perbedaan pada bagian yang bernama frenulum linguae, yang menyebabkan gangguan sulit melafalkan salah satu huruf, atau lebih dikenal dengan istilah cadel, sehingga orang tersebut menggantinya dengan ejaan huruf lain. Frenulum Linguae adalah jaringan yang menghubunghan dasar mulut dengan lidah.

Kebanyakan orang tua mengatasi atau menyembuhkan cadel ini dengan melakukan terapi oleh ahlinya, namun banyak kesalahan yang dilakukan orang pada umumnya adalah ketika berbicara dengan anak yang cadel, kita justru menirukannya agar lebih akrab dengan mereka, hal ini tentunya salah, karena justru akan semakin memperburuk keadaan, dan anak akah terbiasa dengan bahasa cadel tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk melatih anak agar tidak cadel,diantaranya:

  1. Perhatikan kebiasaan anak yang dapat mengakibatkan anak cadel, contohnya; kebiasaan menghisap jempol
  2. Melatih kekuatan otot lidah anak dengan menyarankannya untuk minum menggunakan sedotan
  3. Koreksi ucapan anak apabila terdengar seperti cadel pada saat mengucapkan kata yang mengandung huruf R maka segeralah mengkoreksinya.
  4. Berlatih setiap hari untuk sering mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf yang berpotensi untuk membuat anak cadel. Lakukan setiap saat namun dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat anak merasa berbeda dengan yang lainnya.

Lantas apakah hal-hal yang dapat dilakukan untukĀ  menyembuhkan cadel bagi anak ?

  1. Berlatih sesering mungkin untuk melafalkan kata yang menggandung huruf L, P, T bisa dengan menyebutkan kata secara berulang-ulang, atau bahkan dengan menyanyi
  2. Berlatif untuk lancar mengucapkan huruf vocal A,I,U,E,O atau dengan melafalkan huruf dari A-Z secara terus menerus.
  3. Melakukan terapi dengan metode hipnotis. Terapi metode hipnotis terbukti dapat mengatasi seseorang yang biasa bicara cadel menmjadi berubah dengan lafal yang lebih baik dan benar.
  4. Melakukan Terapi Psikologi. Terapi ini dibimbing oleh orang-orang terdekat agar orang yang cadel mudah untuk menyembuhkannya dengan dorongan orang terdekat, dan mempunyai kepercayaan diri yang tingii pada saat bersosialisasi.
  5. Latihan Otot Lidah. Dilakukan dengan cara mengeluarkan lidah sepanjang-panjangnya dan dengan spontan menarik lidah masuk ke dalam mulut, atau dapat dilakukan dengan memutar lidah di dalam mulut secara berkala.
  6. Mengobati cadel dengan permen karet adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, adapun caranya adalah dengan mengunyah permen karet sambil mengucapkan kata-kata yang dirasa sulit untuk diucapkan. Mengunyah dapat mengendurkan otot pada area mulut yang menderita kaku dan ketegangan dan merangsang saraf dibagian rongga mulut semakin rileks.