Mainan Untuk Mengasah Otak Si Kecil

Mainan bagi anak tidak selamanya memberikan dampak negatif bagi tumbuh kembang anak tersebut. Dampak dari mainan ditentukan oleh para orang tua yang harus bisa memillih mainan yang baik dan bermanfaat untuk anak-anaknya. Mainan yang baik adalah mainan yang dapat mengasah otak bagi anak yang memainkannya.

Menurut Dokter Anak dan Penulis, Ari Brown, “Balita belajar dari mainan yang membiarkan mereka memecahkan masalah, membangun, dan menciptakan urutan. Tidak harus berteknologi tinggi. Carilah mainan yang menyebabkan anak Anda untuk mengasah otaknya”.

Harus selalu diperhatikan beberapa manfaat anak memiliki mainan yang sedikit di bawah ini:

  1. Anak menjadi lebih kreatif karena dia akan menciptakan mainannya sendiri dari peralatan dan bahan-bahan yang dia punya.
  2. Mainan yang sedikit akan membuat anak tidak mudah merasa bosan, Karena mainan tersebut dimainkan dalam waktu lama, dan menjauhkan anak dari sifat serakah dan tidak bersyukur.
  3. Dengan jumlah mainan yang sedikit, anak akan lebih banyak melakukan sosialisasi kepada temannya, hal tersebut akan sangata bergun bagi kehidupannya kelak di masa yang akan dating.
  4. Dengan terbatasnya mainan yang ia punya, maka anak akan lebih sering menyalurkan waktu luangnya untuk membaca buku, dan melakukan kegiatan di luar rumah.
  5. Anak akan belajar untuk tidak menjadi oranng egois, dia akan senantiasa berbagi mainnya dengan teman bermainnya.
  6. Tempat tinggal akan menjadi lebih bersih dan rapi, hal ini akan meningkatkan kenyamanan bagi anak sewaktu berada di dalam rumah.

Namun, pada kenyataannya apabila anak sudah memiliki keinginan yang kuat, maka orang tua memilih jalan untuk memenuhi keinginan mereka, dari pada harus malu karena anak merengek dan menangis di depan toko mainan, maka pada artikel berikut ini, akan diberikan beberapa contoh mainan yang dapat sekaligus digunakan untuk mengasah otak anak, jadi orang tua tidak perlu khawatir untuk memilih mainan yang baik untuk anak, diantaranya:

  • Balok

Anak akan meningkatkan kreatifitasnya untuk bisa membangun sebuah bentuk menggunakan susunan balok, contohnya; jembatan, rumah, gedung,dll

  • Magnetic berbentuk kubus

Anak akan bereksplorasi dengan membuat berbagai macam benda menggunakannya

  • Puzzle

Anak akan tertantang untuk bisa menyusun puzzle berdasarkan bentuk yang di inginkan pada contoh

  • Lego

Bermanfaat untuk meningkatkan daya imajinasi pada anak

  • Pasir Kinetik

Mendorong anak untuk membuat benda berdasarkan dari cetakan yang telah disediakan.

  • Bermain Peran

Dengan membelikan anak beberapa set mainan untuk bermain peran, misalnya dokter, pilot, koki, dll akan melatih mental anak untuk siap menjalani peran sesuai dengan cita-cita yang ingin dicapainya.

  • Drawing Book

Sangat berguna untuk anak dalam berkreasi mewarnai gambar, namun tetap membutuhkan bimbingan orang tua agar anak mewarnai dengan benar dan rapi.